Kemenkumham Jateng Gelar Sosialisasi dan Penilaian Visitasi SPBE

    Kemenkumham Jateng Gelar Sosialisasi dan Penilaian Visitasi SPBE
    Kemenkumham Jateng Gelar Sosialisasi dan Penilaian Visitasi SPBE

    SEMARANG - Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersinergi dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenkumham RI dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dalam menyelenggarakan Sosialiasasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Penilaian Visitasi oleh Tim Assesor SPBE, pada Senin (10/10) di Ruang Rapat Bima Kanwil.

    Mengawali kegiatan, Kepala Divisi Administrasi, Jusman berkesempatan untuk menyampaikan sambutannya untuk membuka kegiatan. Dalam sambutannya, ia menjelaskan terkait SPBE .

    “SPBE merupakan Penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Instansi Pusat, Pemerintah Daerah, Pegawai Aparatur Sipil Negara, Perorangan, Masyarakat, Pelaku Usaha, dan Pihak Lain yang memanfaatkan layanan SPBE, " Ujar Jusman.

    Selanjutnya, Jusman juga menerangkan mengapa SPBE perlu adanya evaluasi.

    “SPBE harus dievaluasi dengan tujuan untuk memperoleh informasi terhadap hasil Penilaian Mandiri (yang telah dilakukan oleh satker) untuk mengukur tingkat kematangan penerapan SPBE pada masing masing Satuan Kerja melalui proses verifikasi dan klarifikasi informasi, " Imbuhnya.

    Jusman juga menjelaskan terkait indikator-indikator penilaian SPBE dan  salah satu indikator penting dalam penilaian SPBE adalah tingkat kematangan Tingkat Kematangan Diklat/Pelatihan Kompetensi Teknis Pelaksana TI.

    “Indikator kematangan SDM dapat diupayakan dengan cara berkoordinasi dengan bagian dengan BPSDM Hukum dan HAM terkait dengan pengembangan kompetensi SDM baik di Pusat ataupun di Wilayah, " Terangnya. 

    “Untuk pengelola IT d Jawa Tengah saya harap tidak berhenti belajar, banyak referensi yang dapat diperoleh salah satunya melalui internet, " Sambungnya.

    Pada kesempatan tersebut, sebagai perwakilan dari Tim SPBE yaitu Pranata Komputer Ahli Muda Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, M. Sofyan Arief pun menyampaikan paparannya terkait capaian SPBE Kemenkumham RI.

    "Saat ini Kemenkumham RI termasuk 3 besar penyelenggara SPBE dan Kemenkumham telah menjadi leading dalam digitalisasi, inovasi pemerintahan berbasis elektronik. Adapun capaian SPBE pada Tahun 2021 sudah mencapai angka 3, 68 dimana angka tersebut dikategorikan Sangat Baik, "Ujar Sofyan.

    Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Jawa Tengah bersama Tim SPBE. Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan ialah Kepala Bagian Program dan Humas, Budhiarso Widhyarsono, Tim SPBE serta diikuti oleh secara langsung oleh Pengelola IT UPT se-Kota Semarang dan secara virtual oleh Pengelola IT UPT Se-Jawa.

    (N.Son/***)

    jawa tengah semarang kemenkumham jateng sosialisasi penilaian visitasi
    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    Korem 073/Makutarama Raih Dua Piagam Penghargaan...

    Artikel Berikutnya

    Kakanwil Lantik dan Ambil Sumpah 108 Anggota...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Antrian Gerobak Arco Bagai Antrian Angkutan Umum Menunggu Penumpang
    Diduga Manipulasi Pengelolaan Anggaran, LIDIK KRIMSUS RI Turun Gunung Kejar DPUTARU Kabupaten Rembang 
    Antusias Warga Bantu Satgas TMMD Kodim 0706/Temanggung Urug Berem Jalan
    Antisipasi Kecelakaan, Puluhan Bus di Kabupaten Semarang Diperiksa Petugas Personel Gabungan
    Dandim 0706/Temanggung Dampingi Rombongan Bhikkhu Thudong Bertolak ke Magelang